Sabtu, 16 Januari 2016

"Angry Birds"




SEGALA HALMENGENAI ANGRY BIRDS

Mengapa Angry Birds bisa sukses?
Keberhasilan Rovio dengan game Angry Birds nya patut menjadi contoh bagi para developer lokal. Kesuksesan ini tidak datang dengan sendirinya. Butuh berbagai jurus untuk meroketkan 'burung-burung pemarah' ini.


Bertempat di Kempinski Ballroom, Jakarta, Peter Vesterbacka selaku Chief Marketing Officer Rovio membagi-bagi ilmunya di sela-sela acara dengan para developer Indonesia. Yuk kita serap jurus menyukseskan sebuah aplikasi game langsung dari ahlinya.

1. Distribusi

Distribusi sangat penting untuk memasarkan sebuah produk dan proses ini sekarang sudah dimudahkan dengan adanya app store. "Beruntung sekarang sudah ada app store, di mana distribusi aplikasi makin mudah dilakukan," ujar Peter Peter Vesterbacka, Chief Marketing Officer Rovio.

2. Stand out

"Jika kamu ingin membuat aplikasi maka ia harus stand out (menonjol)," ujar Peter. Memegang point stand out adalah salah satu alasan warna merah-lah yang dipilih Rovio sebagai warna khas Angry Birds. "Merah itu stand out," tambah pria ini.

3. Play

Faktor 'play' sangat-sangat penting dalam perancangan sebuah game. "Saat Anda membuka game ini, apa yang langsung Anda lakukan? Main kan?" Ya, ini sangatlah penting mengingat banyak developer yang 'mengharuskan' pemain untuk memgutak-atik settingan terlebih dulu sebelum bisa memainkannya, seperti sound, dan lain-lain".

4. Perhatikan Detail

Jangan memandang remeh detail, demikian tegas Peter. Mengambil contoh permaian Angry Birds, tim yang bermarkas di Finlandia ini memilih slingshot (ketapel) bukan tanpa pemikiran. "Sebagian besar orang tahu ketapel, bahkan anak umur 2 tahun," jelasnya.

5. Keep It Fresh

Penambahan level baru di Angry Birds ditujukan untuk membuat permainan ini tetap segar (fresh). Pada kesempatan bincang-bincang, pria yang memakai hoody merah bergambar Angry Birds ini mengibaratkan sebuah website bahwa jika website itu tidak diupdate, maka orang malas untuk kembali. "Keep it fresh," ujar Peter.

Berikut ini adalah 10 Hal Dan Fakta Tentang Game Angrybird dibalik kesuksesannya:

1. Game Angry Birds telah didownload sebanyak 1 miliar pengguna dari semua platform dari pertama game dirilis hingga saat ini. (sumber:wikipedia)

2. Menurut Peter Vesterbacka dari Rovio Mobile, game Angry Birds mampu menghipnotis pemainnya untuk menghabiskan waktu selama 200 juta menit per-hari dan 1,4 miliar menit per-minggu

3. Menurut Jakko Lisalo Senior Game Designer dari Angrybird, ide awal Angry Birds terinspirasi dari game Crush the Castle

4. Angry Birds paling banyak dimainkan melalui perangkat Android dan Apple diikuti oleh PC

5. Angry Birds mendapat penghargaan sebagai:

Best Casual Game oleh International Mobile Gaming Awards (Februari 2010)

Fourth Best iPhone Game of All Time oleh situs game berpengaruh, IGN (September 2010)

App of the Year oleh UK Appy Awards (April 2011)

Best Game for Handheld Devices oleh Webby Awards

6. Rovio Mobile mengucurkan dana sebesar €100,000 untuk menciptakan game Angry Birds dengan perkiraan keuntungan balik sebesar kurang lebih $42.000.000

7. Dikatakan bahwa pejabat inggris pun ikut menggilai game Angry birds

8. Dari data statistik online terkemuka disebutkan bahwa 23% dari total suara mereka yang memainkan game Angry Birds akan membuat seseorang menjadi sangat rileks serta memperbaiki mood mereka. Serta 54% hasil suara menyatakan menjadi ketagihan setelah memainkan Angry Birds

9. Fakta lain yang ditemukan dari Angry Birds adalah bahwa tidak ada lagi “obat” bagi mereka yang kecanduan memainkan game ini

10. Statistik lain mengungkapkan bahwa 12% pengguna komputer rela menghapus game Angry Birds dari komputer dengan alasan agar mereka tidak memainkannya lagi dengan alasan takut ketagihan / sulit melepaskan diri dari game ini. Kemudian 12% lainnya mempunyai pikiran untuk menghapusnya namun akhirnya memilih untuk tidak melakukannya agar dapat terus bermain.


Karakter utama (The Flock)


  1. Red (Red Bird)
  2. Jay, Jake, dan Jim (Blue Bird)
  3. Chuck (Yellow Bird)
  4. Bomb (Black Bird)
  5. Matilda (White Bird)
  6. Al (Boomerang Bird)
  7. Terence (Big Brother Bird)
  8. Bubbles (Orange Bird)
  9. Stella (Pink Bird)
Pola Permainan.




Dalam Angry Birds, pemain mengendalikan sekawanan burung warna-warni yang berusaha untuk mengambil telur yang dicuri oleh sekelompok babi hijau jahat. Pada setiap tingkat, babi-babi yang dilindungi oleh struktur yang terbuat dari berbagai bahan seperti es, kayu, dan batu. Tujuan dari permainan ini adalah untuk menghilangkan semua babi di tiap tingkat permainan. Menggunakan katapel, pemain meluncurkan burung dengan maksud untuk memukul babi secara langsung atau merusak struktur yang melindunginya, runtuhnya strutkur dapat membunuh babi. Dalam berbagai tahap permainan, benda tambahan seperti bahan peledak dan krat batu ditemukan di beberapa tingkat, dan dapat digunakan bersama dengan burung-burung untuk menghancurkan babi yang sulit dijangkau.



Ada beberapa jenis burung yang digunakan dalam permainan. Pada tingkat awal, burung merah adalah satu-satunya yang tersedia. Setiap tahap permainan, jenis burung akan bertambah, beberapa jenis burung lebih efektif terhadap bahan tertentu atau memiliki kemampuan khusus yang diaktifkan setelah burung diluncurkan. Sebagai contoh, seekor burung biru kecil dapat memisah menjadi tiga burung kecil, burung biru es dapat membuat sasarannya membeku, burung kuning yang dapat menambah kecepatan dan daya rusak, burung hitam yang bisa meledak, dan burung putih yang bisa menjatuhkan bom telur, burung hijau yang bisa menjadi bumerang, burung merah atau hijau berukuran besar yang bisa menghancurkan lebih banyak struktur,burung orange yang bisa memperbesar diri, dan burung ungu bisa menembak tepat sasaran. Babi juga muncul dalam ukuran yang berbeda. Babi kecil relatif lemah dan mudah dihancurkan baik oleh tembakan langsung atau dengan puing-puing dari bangunan yang rusak, babi lebih besar mampu mempertahankan diri dari banyak kerusakan. Juga, beberapa babi mengenakan helm baja, membuat mereka lebih tahan terhadap kerusakan struktur, sedangkan babi dengan mahkota paling banyak bisa menahan kerusakan.

Setiap tingkat dimulai dengan jumlah, jenis, dan keterlibatan burung yang telah ditentukan. Jika semua babi bisa dikalahkan pada saat burung terakhir digunakan, tingkat selesai dan tingkat berikutnya terbuka. Poin diperoleh untuk setiap babi yang dikalahkan serta dari setiap kerusakan atau kehancuran struktur, serta poin bonus yang akan diberikan untuk setiap burung yang tidak dipakai. Setelah menyelesaikan setiap tingkat, pemain menerima satu, dua, atau tiga bintang, tergantung pada nilai yang diterima. Pemain dapat kembali berusaha membuka tingkat sebanyak yang mereka inginkan agar berhasil menyelesaikan atau untuk mendapatkan poin tambahan dan / atau bintang-bintang tambahan.



Bentuk Publikasi.

  • Media cetak dalam bentuk buku
  1. Bad Piggies' Egg Recipes (2011)
  2. Angry Birds: The Big Green Doodle Book (2011)
  3. Angry Birds: The Big Red Doodle Book (2011)
  4. Angry Birds Space: Colors (2012)
  5. Angry Birds Space: Numbers (2012)
  6. Angry Birds Space: Sticker Book (2012)
  7. Angry Birds Space: Poster Book (2012)
  8. National Geographic Angry Birds Space: A Furious Flight Into the Final Frontier (2012)
  9. National Geographic Angry Birds: 50 True Stories of the Fed Up, Feathered, and Furious (2012)
  • Dalam bentuk Serial televisi : Angry Birds
  • Dalam bentuk animasi beseri : Angry Birds Toons 
  • Dalam bentuk game / permainan di berbagai media/ platform



Platfrom yang mendukung.



Pertama pertama kali dirilis untuk Apple IOS pada bulan Desember 2009.  Lebih dari 12 juta salinan permainan telah dibeli dari Apple App Store , yang telah mendorong perusahaan untuk desain versi untuk lainnya touchscreen berbasis smartphone , termasuk Android , Symbian dan Windows Phone sistem operasi. Sejak itu diperluas untuk konsol video game dan PC .

Popularitasnya menyebabkan versi Angry Birds sedang dibuat untuk komputer pribadi dan konsol game , pasar untuk barang dagangan yang menampilkan karakter dan bahkan rencana jangka panjang untuk sebuah film atau serial televisi. Dengan 1,7 miliar download gabungan di semua platform dan termasuk edisi reguler dan khusus, permainan telah disebut "salah satu permainan yang paling utama keluar sekarang", "salah satu hits pelarian besar 2010" , dan "keberhasilan aplikasi mobile terbesar dunia telah melihat begitu jauh".

Saat in Rovio merilis Angry Birds di berbagai platform mulai dari iOS, Maemo, MeeGo, HP webOS, Android, Symbian, Series 40, PSP, PlayStation 3, Mac OS X, Windows, WebGL, Windows Phone 7, Google Plus, Google Chrome (Chrome Web Store), BlackBerry Tablet OS, Bada, Java untuk mobile, Facebook pada 14 Februari 2012, Samsung SmartTV, Xbox 360, Nintendo 3DS

Sumber  : http://abouttechnopreneurship.blogspot.co.id/2013/09/kisah-dibalik-kesuksesan-rovio.html
               http://pustakadigitalindonesia.blogspot.co.id/2013/04/fakta-segala-hal-tentang-angry-birds.html
               http://tekno.kompas.com/read/2014/11/28/07250077/Cerita.Awal.Mula.Nama.Angry.Birds.
               http://www.apakabardunia.com/2012/09/5-jurus-kesuksesan-angry-birds.html
               http://informasicopasgoblog.blogspot.co.id/2012/12/10-fakta-tentang-game-angry-birds.html

1 komentar: