Selasa, 26 Januari 2016

Produk windows



Windows Phone




Windows phone merupakan produk yang berhasil di roduk pasaran meskipun belum mayaingi android karena windows phone ini lebih mengarah ke sistem operasinya ketibang device nya, yaitu windows phone. Microsoft ikut bermain untuk memberikan daya tarik yang berbeda. Perusahaan industri OS komputer ini akhirnya membeli nokia, divisi telekomunikasinya. Microsoft pun membangun arah divisi dengan menciptakan produk smartphone nya.

Dan berikut ini adalah kelebihan dari windows phone :

1. PLATFORM: Untuk saya pribadi windows phone merupakan sebuah os yang dibuat pada perjalanannya untuk menjadi satu kesatuan dengan os induknya yaitu microsoft windows os (untuk komputer). Saya melihat Microsoft punya keuntungan / potensi besar dalam hal platform yang jelas dan lebih kuat karena satu hal aplikasi di dalam windows os dapat digunakan dengan baik tanpa harus terkoneksi ke internet. Jadi ini sudah satu nilai plus untuk Microsoft, disini mereka sudah memiliki platform induk yang besar dan jelas. Sedangkan google, kita lihat begitu banyak diversifikasi produk online mereka, ya saya katakan online karena pada dasarnya mereka gak jualan produk fisik dalam artian layanan mereka lebih banyak beredar di dunia maya yang harus digunakan dengan koneksi internet, jadi bisa dikatakan tanpa internet google tidak pernah akan menjadi besar dalam meluncurkan berbagai macam jenis layanannya yang ada hingga saat ini. Microsoft tanpa koneksi internet mereka jelas memiliki keunggulan berarti, sebuah os windows dapat berjalan tanpa koneksi internet, di dalamnya terdapat aplikasi yang bisa digunakan untuk kebutuhan kerja dan multi media tanpa harus terkoneksi ke internet. Dari sini saja platorm sudah menunjukkan perbedaan jelas. Platform inilah yang menjadi kecemasan google, mereka sadar windows phone punya potensi besar karena microsoft termasuk perusahaan yang kuat dan sudah memiliki ekosistem yang stabil di os windows komputernya, jika kelak windows os dan windows phone bersatu dan aplikasi di windows phone semakin variatif dan dua os mereka telah terintegrasi dengan baik, maka pengguna akan semakin dimanjakan dengan keuntungan ini. Sebuah layanan yang harus digunakan dengan koneksi internet terus menerus merupakan layanan yang lemah dibandingkan layanan yang dapat digunakan secara real tanpa koneksi internet, inilah kuncinya.

2. KEAMANAN: Microsoft termasuk perusahaan yang tergolong baik dalam menggunakan dan menjaga data penggunanya, mereka memiliki aturan lebih ketat dan fair dalam hal privasi data penggunanya dibandingkan google. Tidak serta merta data user dapat digunakan sebagai sumber uang untuk pengiklannya, tanpa menjual data penggunanya pun Microsoft sudah besar dimana sumber keuntungan utamanya dari penjual os windows itu sendiri. Jika kita merujuk ke google, mereka secara umum mendapatkan pemasukan dari pengiklan, mereka tidak benar-benar memiliki produk yang stand alone dalam artian bisa berdiri sendiri tanpa koneksi internet dan mendapat profit tanpa pengiklan di dalamnya. Jadi saya cukup hati hati saat ini dalam menggunakan produk google dan perlahan lahan sudah melakukan migrasi data ke layanan milik Microsoft. Saya sudah mengalihkan daftar kontak saya di Gmail Contact ke Outlook Microsoft, sudah mengalihkan isi Google Drive ke One Drive microsoft dan sudah mulai menggunakan layanan Bing. Sering di dapati masalah hal keamanan data dan privasi pengguna layanan google dan ini memang fakta sebenarnya, anda bisa cek salah satunya di Terms of services and privacy penggunaan gmail anda. Tentu hal yang aneh dan merugikan, bagaimana bisa disebut layanan gratis bila data pengguna dipergunakan sepihak dan mereka mendapatkan profit dari situ sedangkan pengguna sama sekali tidak mendapatkan profit materi dan diharuskan tunduk demi kelanjutan penggunaan layanan mereka, ini sungguh tidak adil. Saya menemukan seting lumia 430 windows phone dalam hal keamanan berjalan dengan baik, adil dan jelas. Kita bisa menseting keamanan dengan tanpa paksaan, bisa menseting keamanan data kita, keamanan untuk keluarga, keamanan untuk anak-anak, keamanan untuk tamu, bisa melacak handphone kita juga dan semua ini sudah satu paket standard dalam fasilitas windows phone, tidak di android os dimana beberapa fasilitas seperti ini harus dimasukkan dalam bentuk aplikasi terpisah (aplikasi – bukan fasilitas!). Jika anda perhatikan seksama seting keamanan di lumia 430 lebih sederhana dan ideal bagi penggunanya dibandingkan android os phone.

3. IKLAN dan PRIVASI: Saya beralih ke layanan microsoft karena saya sudah membuktikan layanan mereka yang saya gunakan: email outlook.com, gallery, one drive, bebas iklan dan aplikasi di dalamnya lebih bebas iklan. Khususnya layanan email mereka berbasis domain outlook.com. Ini sungguh nyata, saya belum pernah menemukan satupun ada iklan masuk atau terselip selama dua tahun menggunakan email outlook.com. Saya ada email berbasis gmail dan belum ada sebulan, sudah berisi iklan di sidebar halaman emailnya, dan anehnya, iklannya mayoritas persis dengan kebanyakan isi email saya. Di layanan microsoft, saya tidak dijual, user/pengguna dihormati hak privasinya. Ini sudah terbukti di windows phone, dimana amat sangat minim ada aplikasi menyisipkan iklan dan ini sangat membuat saya nyaman karena saya dapat menggunakan fungsi aplikasi yang ada tanpa perlu diganggu iklan yang nongol yang bermodus aneh”.

4. GAK RIBET: Microsoft memiliki layanan yang mudah digunakan, memang jumlah layanan mereka terbatas tapi mereka fokus. Walau jenis layanan mereka tidak sepopuler nama layanan google, tapi layanan dari microsoft memang bagus. Setiap layanan mereka terdapat fasilitas seting yang mudah dicari, digunakan dan diaplikasikan, lengkap dengan panduannya yang jelas. Saya mencoba menseting akun google saya, justru ribet karena terlalu banyak pengaruh ke layanan lain, begitu juga seting privasinya ribet. Disini layanan online microsoft lebih sederhana. Memang windows phone itu kurang dapat dicustomize, tapi disini menjadi letak kesederhanaan sistem operasi tersebut. Di dalam fasilitas windows phone kita dapat menemukan beragam setingan yang lebih mudah dan sederhana dibandingkan android os. Secara umum windows phone lebih sederhana digunakan, untuk pemula yang baru mengenal smartphone dan internet sistem operasi 
windows phone lebih tepat untuk digunakan, ibarat seperti seri-seri nokia lama mudah digunakan.

5. INTEGRASI: Saya memilih menggunakan layanan online microsoft karena pada dasarnya saya mencari layanan yang memiliki integrasi yang baik dengan perangkat komputer berbasis microsoft windows os untuk kebutuhan bekerja dan multimedia. Windows OS dan Windows Phone yang walau masih baru, tapi sudah memiliki integrasi layanan keduanya yang berjalan baik. Dan saya menunggu versi integrated di windows 10 yang akan menjadikan semua versi windows akan beroperasi dalam kesatuan yang lebih optimal.

6. KONEKSI INTERNET: Saya memerlukan sebuah platform dimana dapat digunakan sehari hari tanpa harus terkoneksi ke internet. Saya perlu yang real ada di depan saya, bukan yang hadir tapi harus terkoneksi ke internet. Disini microsoft sudah lebih nyata daripada google dimana windows phone sudah memiliki fungsi standard di dalamnya contohlah: Office ini sudah gratis untuk semua pemilik lumia windows phone. Here Maps peta offline gratis ini bisa bersaing dengan google map dan sudah tersedia satu paket dalam setiap lumia windows phone.

7. BANDWITH: Windows phone termasuk smartphone dengan penggunaan koneksi internet yang ramah di kantong kita alias lebih hemat dibandingkan android os ataupun iphone. Secara standard windows phone lumia sudah memiliki fasilitas pengaturan jatah bandwith dalam hitungan MB dan GB yang bisa diseting per one time, bulanan hingga unlimited. Dan setiap aplikasi yang menggunakan akses internet dapat dilacak penggunaan bandwithnya dan diberi pengaturan akses backgroundnya dimana ini belum menjadi fasilitas standard di google kecuali sebuah aplikasi di Disable atau dimasukkan dalam list firewall. Dan memang ini bawaan dari script os-nya juga dimana saya coba bandingkan contohlah aplikasi sosmed Path (android lolipop 5.01) di android dan windows phone lumia 430, melakukan aktivitas yang sama, pada akhirnya saya takjub path di windows phone memakai resources bandwith dan memory lebih rendah dibandingkan Path di android os.

8. KESEIMBANGAN: Saya memilih menggunakan windows phone karena saya mencari keseimbangan. Saya tidak bisa terus”an berusaha normal menerima fakta bahwa smartphone android os itu rakus memory, dan setiap model androis os yang bersifat open source membuat setiap device yang dirilis setiap perusahaan menjadi tidak ada standardnya: standard kenyamanan, standard keamanan, standard hardware dsb. Mungkin disini kita akan melihat android os phone tersedia begitu variatif di pasaran, dari model ram pas pas’an sampai ram 4GB. Untuk saya pribadi, pertanyaannya bukan di soal jumlah ram-nya, tapi menyikapi bahwa memang dari sumbernya dari aslinya itu androis os menggunakan jenis script language yang lebih mudah “dirangkai” namun kurang baik dalam hal manage resources khususnya di memory hardware device-nya. Ini akan terus menjadi dilema untuk android os, ada device yang akan mendapat update os terbaru ada yang tidak, ukurannya karena selain komposisi hardware yang terbatas juga karena tidak setiap os android yang ada bisa dengan mudah dioprek sesuai kebutuhan produsen untuk dikirimkan sebagai update ke device mereka masing-masing. Dan sekali lagi, pada akhirnya tidak akan ada kesamaan performa yang adil diantara semua device android phone. Saya ambil contoh saja: Lumia 430, sebuah windows phone dengan ram 1GB versus hape android apa saja di pasaran dng ram yang sama 1GB juga, disini sudah jelas terlihat jika anda mau mencoba membandingkan keduanya, anda bisa merasakan performa windows phone lebih stabil (walau aplikasi laen masih belum matang juga) walau ada beberapa aplikasi juga bekerja di background semua aktivitas lebih nyaman tanpa kendala, berbeda di android os phone 1Gb tidak akan cukup (katakanlah os android yg dimaksud disini pake versi 4.x saja dulu – masih tergolong baru – masih bisa disejajarkan dengan windows phone os 8.1). Di windows phone kita tidak perlu aplikasi seperti Clean Master yang sangat terkenal di play store itu, dimana bisa mengunci dan menonaktifkan aplikasi android yang memberatkan resources memory. Di windows phone manajemen memory lebih baik ketimbang android os jadi 1GB di windows phone itu sudah termasuk besar dibandingkan 1GB di androis os phone. Ibaratnya, di windows phone 8.1 itu bagaikan pakai laptop windows xp baru dengan ram 1GB alias sudah cukup dan lancar.
Saya tidak mengatakan windows phone itu os yang sempurna, os ini masih baru dan perlu waktu untuk tumbuh. Tapi dibelakang proses perjalanannya juga harus dilihat platform dan ekosistem os induknya karena nantinya kesemuanya menjadi satu kesatuan di era windows 10. Untuk anda yang kurang sabar menunggu windows phone bukan smartphone yang tepat, saya percaya anda akan memilih antara android phone dan iOs phone karena sudah matang ekosistemnya. Namun layaknya sebuah os phone lain, apapun memang membutuhkan waktu untuk berkembang dan menjadi matang dan saya ada keyakinan windows phone dapat bersaing dengan android os phone, iOs phone, bahkan blackberry os phone walau microsoft device perlu olah marketing yang lebih baik untuk mengenalkan windows phone hingga bisa dikenal seperti microsoft windows os itu.
Tapi disisi lain saya melihat windows phone os merupakan sebuah os yang bisa seimbang antara kegunaan untuk bekerja, bermain dan berekspresi hanya saja fasilitas dan aplikasi untuk ini memang masih kurang. Namun basicnya kegunaan diatas sudah ada. Microsoft masih perlu membangun fasilitas tambahan untuk windows phone dimana ini bisa digunakan di windows os juga.
Jadi untuk saat ini bila membandingkan windows phone 8.1 dengan katakanlah android 4.4 hingga lolipop 5.01 bukan hal yang tepat. Tapi disisi lain windows phone memang basicnya sudah menyediakan fasilitas yang dimana belum ada di seri android terbaru diatas sekalipun.
Yang perlu dilakukan microsoft berikutnya adalah memastikan ketersediaan fasilitas dan aplikasi untuk windows phone selayaknya begitu banyak aplikasi di os induk mereka yaitu windows os. Kebayang gak sih kalau jenis-jenis aplikasi yang ada di windows os bisa ikut keangkut di windows phone? Ini bisa menjadi sebuah smartphone komputer dan ini akan sangat hebat!
Selain itu microsoft device sebaiknya memperbaiki fasilitas untuk windows phone yang lebih stabil dan beragam. Contohlah: perbaikan update here maps, perbaikan find my phone, perbaikan migrasi data dari os phone lain ke windows phone dsb.
Saya melihat windows phone akan menjadi sebuah os yang hebat karena bisa berimbang antara kegunaan bekerja, bermain, berekspresi. Masalahnya hanyalah waktu, kapan ini semua akan terwujud dalam bentuk yang lebih matang dan bisa memanjakan penggunanya.


Microsoft Surface Pro 3


Microsoft, salah satu perusahaan yang berbasis di negara Amerika Serikat ini dikabarkan akan merilis produk tablet terbarunya yang diberi nama Microsoft Surface Pro 3, dimana pada bagian spesifikasinya terdapat performa mesin terbaik yang dirasa dapat memanjakan para pengguna pada saat bekerja dengan menggunakan produk tablet ini. Selain spesifikasi mesin yang terbaik dikelasnya, produk tablet terbaru dari Microsoft ini juga dilengkapi dengan layar berkualitas dengan ukuran yang cukup lebar, dan tentu saja banyak fitur serta fasilitas menarik yang dirasa dapat membantu para pengguna pada saat menjalankan tablet dengan sistem operasi Windows dari Microsoft ini.
tablet windows terbaik, tablet windows terbaik 2015, tablet windows terbaik 2016, tablet window terbaik, tablet windows murah 2015, tablet termurah berbasis windows, windows tablet terbaik, tablet windows 8 terbaik, komputer tablet terbaik 2015, tablet windows yang bagus.


sumber :  http://www.majalahgadget.net/tablet-dengan-windows-os-terbaik-2015/2/
https://kutakhabispikir.wordpress.com/2015/05/26/mengapa-menggunakan-windows-phone/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar