Jumat, 22 Januari 2016

Pembahasan Interaction Design (IxD)


Interaction Design yang sering di singkat menjadi IxD ini merupakan salah satu dari disiplin ilmu dari UX yang berhubungan erat dengan HCI (Human Computer Interaction) di mana kita mempelajari hubungan antara user, tujuannya, task, pengalaman, kebutuhan dan apa yang user inginkan. Dimana dalam hal ini kita melakukan pendekatan design dengan berpusat kepada perspektif user sementara tetap berusaha untuk menyeimbangkan kebutuhan dari sang user dengan business goals dan kemampuan teknologi yang ada.

Di Interaction Design Ada Beberapa Hal yang Akan saya bahas :

Interface Design
Desain antarmuka pengguna (UI) atau rekayasa user interface adalah desain dari user interface untuk mesin dan perangkat lunak, seperti komputer, peralatan rumah, perangkat mobile, dan lainnya perangkat elektronik, dengan fokus pada memaksimalkan pengalaman pengguna. Tujuan dari desain antarmuka pengguna adalah membuat interaksi pengguna sesederhana dan seefisien mungkin, dalam hal mencapai tujuan pengguna (desain yang berpusat pada pengguna).
Usabilty Engineering
Rekayasa kegunaan adalah bidang yang berkaitan dengan umumnya interaksi manusia-komputer dan secara khusus dengan merancang antarmuka manusia-komputer yang memiliki tinggi kegunaan atau ramah pengguna. Ini menyediakan metode terstruktur untuk mencapai efisiensi dan keanggunan dalam desain antarmuka.

Sound Design
proses menentukan, memperoleh, memanipulasi atau menghasilkan elemen audio. Hal ini digunakan dalam berbagai disiplin ilmu termasuk pembuatan film, produksi televisi, teater, rekaman suara dan reproduksi, live performance, seni suara, pasca produksi, radio dan video game pengembangan perangkat lunak. Desain suara paling sering melibatkan manipulasi sebelumnya terdiri atau rekaman audio, seperti efek suara dan dialog. Dalam beberapa kasus mungkin juga melibatkan komposisi atau manipulasi audio untuk menciptakan efek yang diinginkan atau suasana hati. Seorang desainer suara adalah orang yang melatih seni desain suara.
Design Simulation
membantu para produsen memvalidasi dan menguji sebuah fungsi produk yang masih dalam tahap pengembangan,sebaik seperti dalam tahap manufaktur sebuah produk. kata “simulation” seringkali merujuk pada Computer aided Engineering (CAE). selama bertahun tahun, banyak dari pendekatan simulasi desain menjadi komponen standar dari pengembangan produk di banyak industri, dan terus tumbuh dengan kepentingan komputer yang murah,terjangkau dan lebih cepat, Software Design Simulation memungkinkan pengguna untuk beradaptasi dengan aplikasi dan teknologi yang baru.
Scenario Design
hal-hal yang menyangkut proses antara Manusia dan sistem di scenario design kita harus memikirkan bagaimana si pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan sistem yang telah dibuat
Invention Design
menyangkut hal-hal yang ditemukan dan kreavitas dari sebuah produk yang telah di pasarkan. invention design adalah hal utama dari sebuah produk dikarenkan ini menyangkut konsep dari sebuah produk yang akan dipasarkan.
Interactive Envirovment
adalah istilah yang luas digunakan untuk mengkategorikan bentuk media berbasis komputer yang menginstruksikan, berkomunikasi, dan menghibur sebagai akibat dari tindakan pengguna. Lingkungan interaktif dapat mengambil bentuk website dengan video tertanam, animasi, dan simulasi atau dapat digunakan untuk mendefinisikan antarmuka pelatihan dengan mekanisme media interaktif yang dioperasikan dan dikendalikan oleh pengguna.
Control
Control desain menunjuk penerapan metodologi formal untuk pelaksanaan kegiatan pengembangan produk. Hal ini sering wajib (oleh peraturan) untuk melaksanakan praktek seperti ketika merancang dan mengembangkan produk dalam industri diatur.
Navigation Design
model konseptual dari bagaimana informasi terstruktur dan terorganisasi, dan bagaimana pengguna akan mendapatkan itu semua. Kategori,subkategori dan hubungan diantaranya.
Navigation Design dapat diselesaikan hanya dengan selembar kertas atau sebuah outline di ms.word, karena hal yang perlu dipikirkan hanyalah :
– Seberapa banyak konten atau alur kerja yang dimiliki
– Bagaimana semuanya itu terorganisasi ?
– Bagaimana semuanya berkesinambungan ?
Application Design
melibatkan pengumpulan dan analisis fungsi bisnis pelanggan, kemudian merancang sebuah solusi aplikasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang diprioritaskan. Seorang Aplikasi Designer akan merancang, mengembangkan, menginstal, menguji, dan mendokumentasikan perangkat lunak aplikasi dasar, termasuk database, server, integrasi, klien, dan komponen web.Aplikasi Desainer berkontribusi pada desain dan pengiriman komponen solusi arsitektur teknis.

Instalation Media
adalah bagaimana suatu aplikasi diterapkan dalam penggunaan dalam sehari-hari agar dapat dioperasikan dengan baik secara optimal. 
Ubiquitous Computing

Ubiquitous Computing dapat didefinisikan sebagai penggunaan komputer yang tersebar di mana user berada. Sejumlah komputer disatukan dalam suatu lingkungan dan tersedia bagi setiap orang yang berada di lokasi tersebut. Setiap komputer dapat melakukan pekerjaan yang dipersiapkan untuk tidak banyak melibatkan intervensi manusia atau bahkan tanpa harus mendeteksi di mana pemakai berada.

SUMBER   :  http://madridwan94.blogspot.co.id/2016/01/penjelasan-interaction-design-ixd.html
                      https://dickyvai.wordpress.com/2016/01/21/interaction-design-ixd/
                     http://izullfikar.blogspot.co.id/2016/01/interaction-design-ixd.html
                     http://tugasfaisalia26.blogspot.co.id/2016/01/hal-hal-yang-menyangkut-interaction.html
                    http://rendyislami.blogspot.co.id/2014/08/pengertian-dari-ubiquitous-computing.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar